Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Seminar Nasional Rangkaian Gunadarma All About Accounting Competition 2017


Seminar Nasional dengan tajuk "Tax Administration Reform: will Tax Payers a Benefited??" digelar pada 19 Januari 2017 silam. Seminar nasional yang merupakan salah satu dari rangkaian Gunadarma All About Accounting Competition (GAAC) 2017 ini digelar di Auditorium Kampus D, Universitas Gunadarma. Kegiatan seminar nasional ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma, Prof. Dr. Didin Mukodim, Drs, MM. Dalam sambutannya, ia berharap kepada para peserta seminar yang didominasi oleh mahasiswa, agar terus memahami dan mencari tahu seputar pajak agar nantinya tumbuh generasi peduli pajak.

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara yaitu, Bawono dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Muhamad Ismail CEO PT. Zahir Internasional, dan Permana Adi Saputra dari Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat.
Bawono dalam pemaparannya terkait perkembangan tax amnesty mengapresiasi usaha dari pemerintah dalam menyukseskan program tersebut. “Sangat luar biasa kinerja dan usaha pemerintah saat ini yang menggenjot penerimaan negara melalui pajak dalam hal ini program tax amnesty yang sudah berjalan dua periode ini”, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Permana Adi Saputra, yang menceritakan perjuangan para pegawai di Direktorat Jenderal Pajak yang harus lembur untuk melayani masyarakat yang ingin mengikuti program tax amnesty. Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya program tax amnesty ini membuat masyarakat mulai peduli dan ingin tahu seputar pajak.

Sementara pembicara terakhir, Muhamad Ismail yang merupakan CEO dari perusahaan perangkat lunak akuntansi Zahir mengungkapkan bahwa seluruh segmen saat ini sudah harus berpacu dengan perkembangan teknologi, tidak terkecuali akuntansi. “Saat ini seluruh bisnis baik perusahaan, UKM, maupun warung pun sudah mengharuskan menggunakan sistem akuntansi untuk mengelola seputar keuangannya. Tetapi saat ini sudah tidak zamannya lagi bikin jurnal secara manual. Sudah zamannya teknologi, seluruh transaksi dan keperluan laporan keuangan dan jurnal sudah otomatis”, ungkap pria berkacamata ini.

Kegiatan tahunan Gunadarma All About Accounting Competition (GAAC) kembali digelar di tahun 2017 ini. Rangkaian kegiatan dari GAAC 2017 terdiri dari lomba akuntansi dan pajak berbasis teknologi, lomba poster, dan juga seminar nasional.

Pada kesempatan ini juga diumumkan para pemenang dari kegiatan lomba akuntansi dan pajak berbasis teknologi dan juga lomba poster. Lomba akuntansi dan pajak berbasis teknologi pada tahun 2017 ini mendapatkan peserta terjauh yaitu dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Jumlah poster yang ikut berkompetisi sebanyak 45 desain. Juara 1 lomba desain poster adalah Tedy Nugraha (Universitas Gunadarma), Juara 2 Muhammad Farhan Fadhilah (SMA Presiden), Juara 3 Laila Fathonah Fauziyah (Politeknik Negeri Bandung)

Setelah mengikuti seleksi online dan selanjutnya seleksi offline pada babak semifinal dan final yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma, dipilihlah delapan pemenang yaitu: Universitas Muhammadiyah Makassar, Unindra PGRI, STIE Bank Jogja dan Universitas Gadjah Mada yang berturut-turut meraih juara harapan empat, harapan tiga, harapan dua, dan harapan satu. Selanjutnya tuan rumah Universitas Gunadarma meraih juara empat kemudia juara dua dan tiga diperoleh oleh Trisakti School of Management dan Politeknik Negeri Jakarta. Untuk juara satu dan sekaligus mendapatkan piala bergilir Gunadarma All About Accouting Competition ialah dari Universitas Indonesia.

Acara diakhiri dengan penyerahan piala dan hadiah uang tunai kepada para juara serta berfoto bersama panitia, dewan juri dan para peserta lomba.