Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Seminar on Implicit Learning


Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma bekerja sama dengan L.E.A.D (Laboratoire d’Etude del’Apprentissage et du Développement), Burgundy University,  France menyelenggarakan Seminar Implicit Learning.

Seminar ini berlokasi di ruang auditorium kampus  D, Universitas Gunadarma pada tanggal 2 Nopember 2007. Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, S.E. MM, yang diwakili oleh Koordinator Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma, Prof.  Dr. Yuhara Sukra, MSc. dan dihadiri oleh 300  peserta.



Peserta seminar berasal dari mahasiswa sarjana dan pasca sarjana fakultas Psikologi Universitas Gunadarma dan juga undangan dari berbagai universitas seperti Universitas Persada Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Universitas Satya Wacana Catholic, Universitas Tarumanegara dan Universitas  Indonesia. Moderator  pada seminar adalah Isabell Lecomte, MA. dan Mr. Hendro Prabowo, MSi dari Universitas Gunadarma.

Topik utama seminar adalah tentang konsep Implicit Learning yang merupakan suatu konsep untuk suatu proses pembelajaran yang bersifat tanpa disadari. Pembicara pertama Prof. Annie Vinter from L.E.A.D (Laboratoire d’Etude del’Apprentissage et du Développement), Burgundy University, Dijon, France membahas tentang Implicit Learning pada anak-anak. Beliau menjelaskan tentang definisi dari implicit learning, bagaimana mempelajari fenomena ini di dalam laboratorium, cara pendekatan, experimen masih terus berkembang. Dan kesimpulannya, implicit learning merupakan suatu model pembelajaran yang berguna.

Pembicara kedua, Prof. Sri Hartati R. Soeradijono, MA., PhD. dari University of Indonesia, menerangkan tentang tantangan untuk para psikolog dan ilmuwan di Indonesia untuk lebih menggali lebih dalam konsep implicit learning.  Konsep implicit learning dapat dipelajari sebagai harmoni dari keragaman budaya  Indonesia dan seharusnya dipelajari karena kebutuhan untuk menganalisa tingkahlaku manusia dari segi kognitif.