Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Program Doktor Ilmu Ekonomi : Darmadi dan Rowland Bismark Fernando Psaribu


Telah diselenggarakan Sidang terbuka Progrma Doktor Ilmu Ekonomi dengan promovendus Darmadi  dan Rowland Bismark Fernando Psaribu, pada Hari Jumat, 14 Oktober 2016 di Auditorium Kampus Depok, Margonda Pondo Cina.
Diawali dengan promovendus Darmadi dengan disertasi yang berjudul "Evaluasi Potensi Ekonomi Kabupaten/ Kota di Propinsi Jawa Barat Sebagai Kawasan Unggulan Dengan Menggunakan Metode Tipologi Klassen, Location Quotient dan Shift Share" dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Nopirin, MA sebagai promotor dan Dr. rer.pol. Sudaryanto, MSc sebagai kopromotor. . Penelitian ini bertujuan untuk mengukur, mengidentifikasi, mengkaji dan menganalisis potensi ekonomi yang dimiliki oleh kabupaten dan kotamadya di propinsi Jawa Barat dan implikasinya bagi pembangunan ekonomi di masa depan. Obyek penelitian terdiri dari 17 kabupaten dan 9 kotamadya  di Propinsi Jawa Barat dengan menggunakan data sekunder bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS)   selama periode 2004- 2013.  Potensi ekonomi daerah  dapat didasarkan pada klasifikasi daerah sektor unggulan, dan pergeseran sektor-sektor ekonominya. Analisis dengan Tipologi Klassen digunakan untuk menetapkan klasifikasi kabupaten/kotamadya ke dalam kelompok yang sesuai dengan karakteristiknya.  Penentuan sektor unggulan dilakukan dengan menggunakan  analisis Location Quotient (LQ).  Analisis  Shift Share digunakan untuk mengevaluasi terjadinya  pergeseran sektoral  yang terjadi selama kurun waktu penelitian.

Analisis dengan Tipologi Klassen menghasilkan empat kelompok  daerah  berdasarkan tingkat pendapatan dan pertumbuhan ekonominya, yaitu : cepat-maju dan cepat- tumbuh, maju tapi tertekan, cepat berkembang namun pendapatannya rendah, daerah  tertinggal yang dicirikan oleh tingkat pendapatan dan  pertumbuhan  yang rendah.

Kemudian dalam disertasi yang berjudul "Pengaruh Risiko Pasar, Kapitalisasi Pasar Perusahaan, Risiko Distress, Momentum, dan Risiko Value terhadap Imbal Hasil Portofolio : Studi Empiris Saham Liquid-45 Pada Bursa Efek Indonesia", dimana tujuan dari penelitian adalah menguji dan menganalisis :
a) pengaruh risiko pasar, kapitalisasi pasar perusahaan, distress-risk, momentum, dan value terhadap imbal hasil portofolio saham pada model penetapan harga aset lima faktor dan;
b) menerapkan strategi investasi value sebagai dasar penentuan saham-saham pembentuk portofolio dan kombinasi waktu terefektif, yaitu waktu pembentukan dan waktu kepemilikan dalam membentuk portofolio paling efisien dengan imbal hasil tertinggi.

Obyek yang digunakan adalah emiten yang terdaftar di indeks-LQ45 pada bursa efek Indonesia periode 2009-2013. Empat puluh dua perusahaan dipilih sebagai sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Data penelitian diperoleh dari publikasi harga saham, tingkat suku bunga SBI, dan kinerja sampel yang bersumber dari website sampel, bank Indonesia, yahoo.finance, dan bursa efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

Disertasi promovendus kedua, Rowland Bismark Fernando Psaribu dengan promotor Prof. Dr. Nopirin, MA dan Toto Sugiharto, Ir., MSc., PhD sebagai kopromotor melakukan pengujian value-risk sebagai satu faktor risiko dalam model penentuan harga aset lima faktor, diperoleh hasil bahwa ke-lima proksi risiko yaitu premi pasar, kapitalisasi pasar perusahaan, book to market equity, momentum, dan value-risk secara bersamaan dan terpisah berpengaruh terhadap imbal hasil portofolio saham. Sedangkan value-risk sebagai strategi investasi menunjukkan kedua portofolio memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan, tetapi rata-rata keuntungan portofolio growth mengungguli portofolio value.

Berdasarkan hasil rapat senat kedua promovendus Darmadi dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan promovendus Rowland Bismark Fernando Psaribu dengan predikat cum laude.