Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Program Doktor Teknologi Informasi : Naeli Umniati dan Dolly Indra


Universitas Gunadarma program doktoral Teknologi Informasi kembali menyelenggarakan sidang terbuka untuk promovenda Naeli Umniati dan Dolly Indra di Auditorium Lantai 12 Kampus Cikunir Universitas Gunadarma pada hari Rabu, 29 Nopember 2017. Promovenda Naeli Umniati dengan komisi pembimbing : Prof. Dr. rer. Nat. A. Benny Mutiara sebagai promotor dan Dr. Tubagus Maulana beserta Dr. Suryarini Widodo sebagai ko-promotor diberikan kesempatan pertama untuk mempresentasikan disertasinya yang berjudul, Pengembangan Metode Identifikasi Tanda Tangan Offline Berdasarkan Ekstraksi Fitur Global dan Lokal.

Tanda tangan adalah teknik keamanan untuk mengidentifikasi seseorang, karena setiap orang memiliki tanda tangan yang berbeda dan setiap tanda tangan memiliki karakteristik tanda tangan yang unik. Permasalahan dalam tanda tangan offline adalah adanya in konsistensi seseorang dalam menuliskan tanda tangan. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan mengenai ciri dari tanda tangan seseorang agar dapat dikenali secara tepat.

Pada penelitian ini metode identifikasi identitas tanda tangannya offline berdasarkan ekstraksi fitur global dan fitur lokal. Dataset penelitian diperoleh dari pengumpulan 100 set tanda tangan dengan masing-masing set terdiri dari sepuluh tanda tangan. Fitur global yang diambil adalah rasio tinggi-tinggi lebar dan rasio kepadatan tanda tangan, sedangkan untuk fitur lokal diambil tiga fitur yaitu kontras, korelasi dan homogenitas yang merupakan fitur dari Grey Level Co-occurence Matrix (GLCM). Pengujian dilakukan pada data yang dipindai dengan resolusi 300 dpi.

Tingkat akurasi identifikasi terbaik didapatkan dengan cara menggunakan fitur global dan lokal pada 300 buah data uji set adalah 77%. Dari 100 orang pemilik tanda tangan, seluruh data uji dari 51 orang berhasil diidentifikasi dengan benar.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa promovenda Naeli Umniati lulus dengan predikat sangat memuaskan.
Setelah rehat sejenak, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sesi sidang ke-2 dengan promovenda Dolly Indra dengan judul disertasinya Pengembangan Metode Pengenalan Huruf Isyarat Bisindo Berdasarkan Kesamaan Fitur Bentuk, yang di promotori oleh Prof.Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo sebagai ko-promotor.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengenalan huruf-huruf Bisindo berdasarkan fitur bentuk tangan yang mengisyaratkan setiap bentuk huruf Bisindo tersebut, yang terbagi dalam dua bagian : pertama adalah bagian pembentukan basis data fitur bentuk huruf Bisindo dai A sampai Z dan kedua adalah bagian pengenalan huruf Bisindo.

Pada bagian pertama terdiri dari proses segmentasi, proses deteksi tepi, proses ekstraksi fitur berupa nilai probabilitas kemunculan kode rantai bentuk tangan dan proses pembentukan basis data fitur. Proses kedua terdiri proses akuisisi citra bentuk tangan sebagai kueri huruf Bisindo, diikuti oleh proses segmentasi, proses deteksi tepi, proses ekstraksi fitur tangan dan proses pengenalan dengan menghitung selisih jarak fitur bentu kueri terhadap setiap fitur bentuk dalam basis data fitur. Proses akuisis citra dalam dua bagian di atas dilakukan secara langsung melalui Webcam yang terhubung pada perangkat komputer. Metode ini telah diimplementasikan menjadi sebuah prototipe antarmuka pernagkat luna pengenalan Bisindo. Hasil eksperimen menunjukan bahwa semua huruf Bisindo 100% dapat dikenali dengan rata-rata tingkat kemiripan diatas 95%.

Berdasarkan hasil rapat senat menyatakan bahwa promovenda Dolly Indra lulus dengan predikat sangat memuaskan.