Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > hardjono >
Sidang Terbuka Program Doktoral Ekonomi: Titi Nugraheni dan Hardjono


Pada hari Kamis (08/02/2018) telah diselenggarakan Sidang Terbuka Doktor dalam bidang Ilmu Ekonomi di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma dengan promovendus Titi Nugraheni, SE., MM pada sesi pagi dan promovendus Hardjono, SE., MM pada sesi siang.
Sesi pagi kesempatan promovendus Titi Nugraheni dengan promotor Prof. Dr. Nopirin, MA dan Ko-Promotor Dr. Ir. Tety Elida, MM serta penguji luar Syaiful Ali, MIS, Ph.D, Ak. CA mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Orientasi Kewirausahaan: Determinan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Usaha Daring Mahasiswa dengan Kualitas Web sebagai Pemoderasi". Secara umum, tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik personal, faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi orientasi kewirausahaan mahasiswa untuk mengkaji hubungan atau mekanisme dari karakteristik personal, faktor eksternal dan internal tersebut dalam mempengaruhi kinerja usaha. Sedangkan secara khusus, tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh karakteristik personal, lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap orientasi kewirausahaan mahasiswa, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha dan pengaruh kualitas web yang memoderasi hubungan kausalitas antara orientasi kewirausahaan dengan kinerja usaha.  Hasil dari penelitian ini menyatakan karakteristik personal seorang wirausaha akan berpengaruh terhadap orientasi bisnis daring kewirausahaannya. Semakin maju orientasi kewirausahaan daring dalam mengelola resiko bisnis, kemampuan memiliki sikap yang proaktif dan diimbangi dengan kemampuan berinovasi yang tinggi berpengaruh terhadap kinerja wirausaha daring serta kualitas web dan kualitas fitur keamanannya berpengaruh positif terhadap kinerja usaha.

Setelah rehat, dilanjutkan sesi siang dengan Promovendus Hardjono mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Determinan Pendapatan Premi Industri Asuransi Jiwa Konvensional di Indonesia". Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. Ir. John FoEh, IPU dan Ko-Promotor Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, MSc serta Prof. Dr. John IOI Ihalauw sebagai Penguji Luar. Penelitian yang dilakukan adalah menganilisis pengaruh faktor nilai tukar mata uang US Dollar, jumlah uang yang beredar, biaya operasional, ekuitas dan jumlah polis terhadap pendapatan premi industri asuransi jiwa konvensional di Indonesia serta menganalisis pengaruh faktor-faktor personal, psikologis, sosial dan pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam memberi asuransi jiwa konvensional di Indonesia. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan atas variabel-variabel nilai tukar mata uang US Dollar terhadap Rupiah, jumlah uang yang beredar, biaya konvensional, ekuitas dan jumlah polis terhadap pendapatan premi asuransi jiwa konvensioanl serta terdapat pengaruh variabel-variabel pemasaran dan sosial secara signifikan dan positif terhadap pemegng polis dalam melakukan pembelian polis asuransi jiwa konvensional.

Berdasarkan hasil rapat senat, promovendus Titi Nugraheni dengan promotor Prof. Dr. Nopirin, MA Dr. Ir. Tety Elida, MM serta promovendus Hardjono dengan promotor Prof. Dr. Ir. John FoEh, IPU dan Ko-Promotor Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, MSc keduanya dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Ekonomi ke-107 dan ke-108 di Universitas Gunadarma.