Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > aaa >
Sidang Terbuka Program Doktoral Teknologi Informasi : Emy Haryatmi dan Desti Riminarsih


Pada hari Jumat, 13 Mei 2016 telah diselenggarakan Sidang Terbuka Program Doktor Teknologi Informatisi Universitas Gunadarma dengan menghadirkan promovenda Emy Haryatmi dan Desti Riminarsih, SSi., MSiPromovenda Emy Haryatmi mendapatkan kesempatan di sesi pagi dan membawakan presentasinya dengan judul "Perancangan Sistem Televisi Digital DTMB Pada Perangkat Software-Defined Radio". Yang melatarbelakangi promovenda Emy Haryatmi untuk melakukan penelitian ini bahwa standar televisi digital DTMB memiliki keunggulan dibandingkan dengan standar televisi digital lainnya karena sistem tersebut mampu beroperasi dengan standar televisi digital lainnya karena sistem tersebut mampu beroperasi secara fixed dan mobile. Sayangnya, walaupun perangkat sistem DTMB telah tersedia secara komersil, namun sistemnya tertutup sehingga sulit digunakan untuk penelitian dan pengembangannya. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem DTMB berbantuan perangkat lunak yang diintegrasikan dengan perangkat radio. Kinerja dengan software -defined radio yang mengacu pada dokumen standar DTMB yaitu GB20600-2006.

Dalam kesempatan ini promovenda Emy Haryatmi juga memaparkan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem DTMB berbasis perangkat lunak yang dioperasian pada perangkat Software-Define Radio yang memungkinkan untuk dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan teknologi.

Promovenda Emy Haryatmi dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Busono Soerowitdjo selaku promotor, Dr.Tubagus Maulana Kusuma dan Dr. Purnawarman Musa selaku ko-promotor, berdasarkan hasil senat dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Pada sesi siang kesempatan diberikan kepada promovenda Desti Riminarsih dengan judul disertasi "Analisis Keterkaitan Antara Tegangan Geser Dinding Dengan Evolusi Diameter Aorta Pada Kasus Abdominal Aortic Aneurysm (AAA) Berdasarkan Citra Hasil Pemeriksaan MRI", dengan komisi pembimbing Prof. Dr. rer.nat Achmad Benny Mutiara selaku promotor, Dr. Ernastuti dan Dr. Bambang Wahyudi selaku ko-promotor.

Promovenda Desti RIminarsih memaparkan hasil dari penelitian ini adalah keberhasilan penerapan MRI sagital segmentasi citra algoritma untuk mendapatkan citra aorta. Nilai diameter maksimum yang diperoleh dengan algoritma diameter pengukuran. Tingkat evolusi diameter memiliki kecenderungan yang terkait dengan nilai diameter awal. Perhitungan stres dinding geser telah berhasil dilakukan dan nilai tegangan dinding geser diperoleh untuk setiap slice. Hubungan antara perubahan tegangan geser dinding di tingkat diameter evolusi umumnya tidak berhasil diperoleh. Dua dari tiga pasien memiliki kecenderungan untuk meningkatkan stres dinding geser disertai dengan peningkatan ukuran diameter. Kontribusi penelitian ini untuk bidang teknologi informasi khususnya pada aplikasi bidang kedokteran adalah berupa prototype perangkat lunak yang merupakan implementasi dari metode dan algoritma. Perangkat lunak ini dapat digunaan dalam bidang radiologi untuk menganalisa citra media MRI dan pasien AAA sehingga pengobatan klinis dapat dilakukan dengan lebih tepat.

Berdasarkan hasil senat promovenda Desti Riminarsih dinyatakn lulus sebagai Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma dengan predikat cumlaude.