Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > universitas >
Sidang Terbuka Program Doktoral Teknologi Informasi : Marliza Ganefi Gumay dan Andreas Hadiyono


Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan sidang terbuka Program Doktoral Teknologi Informasi pada tanggal 24 Januari 2018 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Depok, dengan menghadirkan promovenda Marliza Ganefi Gumay dan promovendus Andreas Hadiyono.

Sesi pagi kesempatan promovenda Marliza Ganefi Gumay dengan judul disertasinya "Metode Transformasi User Preferences ke User Interface Description Untuk Membangun Adaptive Opac". Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. rer. nat. A. Benny Mutiara, SSi., SKom., bertindak sebagai KoPromotornya adalah Prof. Dr. Djati Kerami dan Dr. rer-nat. I Made Wiryana, SSi.,MAppSc serta bertindak sebagai penguji luar adalah Prof.Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, PhD.

Promovenda Marliza Ganefi Gumay mempresentasikan disertasinya dengan tujuan memformulasikan metode untuk melakukan spesifikasi user interface OPAC yang sesuai dengan user preferences yang dilakukan dengan cara bertanya langsung pada target pengguna melalui teknik requirement elicitation.

Setelah rehat dilanjutkan dengan sesi ke-dua, kali ini Andreas Hadiyono sebagai promovendus. Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djati Kerami sedangkan Prof. Suryadi Harmanto, SSi, MMSI dan Dr. rer-nat. I Made Wiryana, SSi, MAppSc sebagai KoPromotor. Bertindak sebagai penguji luar adalah Dr. Adhi Dharma Wibawa, ST.,MT.

Promovendus Andreas Hadiyono mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Metode Asesmen Sentimen dan Klasifikasi Topik Untuk Analisis Media Online Berbasiskan NLP dan DBN". Dalam penelitiannya, promovendus mengembangkan Metode Determinasi Sentimen dan Klasifikasi Topik Berbasiskan NLP dan DBN, secara khusus bertujuan memanfaatkan sumber daya bahasa asing untuk melakukan proses analisis sentimen pada Bahasa Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat senat, promovenda Marliza Ganefi Gumay dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan promovendus Andreas Hadiyono dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude dan keduanya menjadi Doktor Teknologi Informasi ke-123 dan ke-124 di Universitas Gunadarma.