Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Program Doktoral Teknologi Informasi : Tavipia Rumambi dan Robby Candra


Pada hari Selasa, 15 Nopember 2016 telah diselenggarakan Sidang Terbuka Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, dengan menghadirkan promovenda Tavipia Rumambi dan Robby Candra.

Sesi pertama diberikan kesempatan untuk promovenda Tavipia Rumambi, SKom., MMSI yang dipromotori oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, serta ko-promotor Dr. Eri Prasetyo Wibowo dan Dr. Hustinawati, dengan judul disertasi Algoritma Ekstraksi Fitur Skeleton Straight Leg Raise Untuk Uji Coba Kompresi Akar Syaraf Sciaticus Pada Low Back Pain. Pada penelitian ini mengusulkan suatu metode pendeteksian  dan ekstraksi  fitur SLR untuk menguji kompresi akar syaraf sciaticus pada Low Back Pain menggunakan grayscale depth dan memanfaatkan teknologi kinect Xbox 360 secara real time. Metode yang diusulkan mencakup pengembangan algoritma kalibrasi dan akuisisi frame citra (motion), algoritma deteksi skeleton dan ekstraksi fitur skeleton SLR. Algoritma-algoritma ini dikemas menjadi satu kesatuan dan implementasikan dengan menggunakan bahasa pemrogramab C# menjadi sebuah prototipe perangkat lunak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma kalibrasi dan akuisisi citra RGB pasien dengan kinect menggunakan grayscale depth dapat mendeteksi skeleton SLR, algoritma ekstraksi fitur skeleton SLR citra pasien dapat mempermudah  penghitungan sudut SLR untuk uji kompresi akar syaraf sciaticus dimana sudut antara 30-70 derajat positif terindikasi adanya kompresi akar syaraf sciaticus pada Low Back Pain.

Berdasarkan hasil senat promovenda Tavipia Rumambi dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi ke 97 di Universitas Gunadarma.

Promovenda Robby Candra pada sesi kedua mempresentasikan disertasinya yang berjudul Optimalisasi Algoritma Zigzag Scan Menggunakan Metode Pemetaan dan Implementasinya ke Dalam IC-FPGA  Guna Mendukung Proses Kompresi Citra JPEG Secara Real -Time.

Mengembangkan suatu teknik optimalisasi algoritma zigzag scan dengan metode pemetaan. Zigzag scan dengan metode pemetaan yang merupakan proses pengurutan data hasil DCT-terkuantisasi sesuai urutan posisi yang sudah ditentukan secara zigzag. Metode pemetaan ini dapat mempercepat proses kompresi.

Dari hasil penelitian optimalisasi zigzag scan dengan metode pemetaan telah berhasil dikembangkan yaiu mampu meningkatkan waktu proses pengurutan  koefisien-koefisien DCT-terkuantisasi, karena dengan menggunakan metode pemetaan data input langsung ditempatkan berdasarkan urutan posisi yang sudah ditentukan tanpa adanya perbandingan nilai dan tidak banyak proses pengulangan. Implememtasi dilakukan dengan memggunakan deskripsi VHDL dan simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Xilinx ISE 9.2i
Promovenda Robby Candra dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Sarifuddin Madenda selaku promotor, Dr. Sunny Arief Sudiro  dan Dr. Muhammad Subali selaku ko-promotor dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi ke 98 di Universitas Gunadarma.