Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ekonomi: Sri Supadmini dan Anita Wasutiningsih


Pada tanggal 15 Maret 2012, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Sri Supadmini yang mempertahankan disertasinya dengan judul: "Komponen Sistem Pengendalian Internal, Tingkat Religius, dan Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Nopirin, MA. dan  Prof. Dr. Dharma Tintri, E.R., SE., Akt., MBA. sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Doktor Widigdo Sukarman.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Sri Supadmini menjelaskan tujuan pertama penelitian adalah menguji pengaruh komponen system pengendalian internal (SPI) terhadap kinerja keuangan bank syariah di Indonesia, dan kedua adalah menguji peranan tingkat religious terhadap pengaruh komponen sistem pengendalian internal terhadap kinerja keuangan bank syariah di Indonesia. Kinerja bank syariah dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang dibatasi pada efektifitas dan efesiensi yaitu laba khususnya return on assets (ROA) dan return on efficiency (REO).


Unit penelitian adalah Bank Syariah di pulau jawa yang meliputi 6 provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Unit analisis adalah unit kerja-unit kerja Bank Syariah yang meliputi bagian akuntansi, bagian internal audit, bagian teknologi sistem informasi, bagian sumber daya manusia, bagian pembiayaan dan bagian pemasaran. Target populasi adalah Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kelima komponen SPI secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh terhadap ROA, 2) Kelima komponen SPI secara bersama-sama berpengaruh terhadap REO sedangkan secara parsial terdapat 1 komponen yang tidak berpengaruh yaitu komponen pemantauan, (3) Tingkat religious memperkuat pengaruh bersama-sama maupun parsial komponen sistem pengendalian internal terhadap ROA, (4) Tingkat religius memperkuat pengaruh secara bersama-sama komponen sistem pengendalian internal terhadap REO. Secara parsial tingkat religious tidak memperkuat pengaruh komponen sistem informasi dan komunikasi terhadap REO.
Penerapan kelima komponen SPI pada ketiga Bank Syariah sudah efektif yang tercermin dalam pencapaian kinerja keuangan. Namun, di sisi lain pelaksanaan SPI belum efisien, diantaranya yang tercemin dengan capaian kinerja REO.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Sri Supadmini lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Anita Wasutiningsih.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Eka Afnan Troena sebagai promotor, Ir. Toto Sugiharto, MSc., PhD. sebagai Ko-Promotor, serta Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon Doktor Anita Wasutiningsih mempertahankan disertasinya yang berjudul "Kinerja dan Kepuasan Kerja Dalam Situasi Sulit: Peran Adversity Quotient, Kecerdasan Emosi-Spiritual dan Kesesuaian Penilaian Kinerja". Penelitian Promovenda ini adalah untuk menganalisis pengaruh Adversity Quotient (Kemampuan beradaptasi dan mengatasi pelbagai kesulitan), kecerdasan emosi-spiritual, motivasi kerja, dan kesesuaian penilaian kinerja, baik terhadap kinerja maupun kepuasan kerja dalam situasi sulit.


Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan real estat yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi yang terdiri dari manager dan general manager. Secara spesifik, kinerja manager dan general manager, dipengaruhi oleh kecerdasan emosi-spiritual, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Adversity Quotient dan motivasi. Kepuasan kerja di samping dipengaruhi oleh kecerdasan emosi-spiritual secara langsung juga dipengaruhi oleh kesesuaian penilaian kinerja. Sidang terbuka calon Doktor Anita Wasutiningsih berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.