Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ekonomi: Sugiharti Binastuti dan Budi Prijanto


Pada tanggal 21 Desember 2012, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Sugiharti Binastuti yang mempertahankan disertasinya dengan judul: "Kebijakan Dividen dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Nopirin, MA. dan  Dr. Hotniar Siringoringo, MSc. sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Prof. Dr. Sukmawati Sukamulja.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Sugiharti Binastuti menjelaskan tujuan penelitian adalah menguji dan mengukur pengaruh langsung likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, tingkat suku bunga, inflasi, kurs, PDB, dan CSR terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan, dan secara tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan nilai perusahaan dipengaruhi oleh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, tingkat suku bunga, inflasi, kurs, PDB, dan CSR. Dalam relasi kebijakan dividen dan nilai perusahaan, hasil penelitian memverifikasi bahwa kebijakan dividen relevan menaikkan nilai perusahaan. Temuan penelitian ini dengan demikian mendukung teori the bird in the hand. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kebijakan dividen mempunyai mediasi yang kecil terhadap hubungan antara likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, tingkat suku bunga, inflasi, kurs, PDB, dan CSR terhadap nilai perusahaan.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Sugiharti Binastuti lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Budi Prijanto.

Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Nopirin, MA. sebagai promotor, Dr. rer. Pol. Sudaryanto sebagai Ko-Promotor, serta Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A. sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon Doktor Budi Prijanto mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Elemen Modal Intelektual Melalui Inovasi dan Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Organisasi Sepuluh Bank Terbesar di Indonesia".

Penelitian dilakukan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh antar elemen MI, khususnya pengaruh antara Human Capital terhadap Stuctural Capital dan Relational Capital, 2) pengaruh Stuctural Capital dan Relational Capital terhadap inovasi dan Knowledge Sharing, 3) pengaruh Human Capital, Inovasi dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Organisasi serta 4) pengaruh Human Capital terhadap Kinerja Organisasi melalui Structural Capital, Relational Capital, Inovasi dan Knowledge Sharing.

Objek penelitian yang ditetapkan adalah sepuluh bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset (rilis BI, April 2011). Unit analisis yang ditetapkan adalah karyawan bank tersebut dari berbagai level manajemen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM).

Penelitian ini menemukan adanya 1) pengaruh antar elemen MI, khususnya pengaruh antara Human Capital terhadap Stuctural Capital dan Relational Capital, 2) pengaruh secara bersama-sama antara Structural Capital dan Relational Capital terhadap inovasi, tetapi tidak ditemukan adanya pengaruh antara Structural Capital terhadap Knowledge Sharing, 3) pengaruh secara bersama-sama antara Human Capital, Inovasi dan Knowledge Sharing terhadap kinerja Organisasi dan 4) pengaruh total (langsung dan tidak langsung) yang kuat antara Human Capital terhadap Kinerja Organisasi. Sidang terbuka calon Doktor Budi Prijanto berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Dr. Sugiharti Binastuti dan Dr. Budi Prijanto merupakan Doktor ke 58 dan ke 59 yang meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi.