Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > uuniversitas >
Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi : Sri Sapto Darmawati dan Sardiyo


Jum'at, 27 Januari 2017 telah diselenggarakan sidang terbuka untuk program Doktor Ilmu Ekonomi dengan promovendus Sri Sapto Darmawati dan Sardiyo.

Diawali dengan promovendus Sri Sapto Darmawati yang mempresentasikan disertasinya dengan judul Pengaruh Pengendalian Internal dan Manajemen Risiko Terhadap Tata Kelola dan Implikasi pada Profit Abilitas Bank Publik di Indonesia, yang dipromotori oleh Prof. Dr. Dharma Tintri E dan Dr. Emmy Indrayani selaku ko-promotor.

Promovendus Sri Sapto Darmawati memaparkan beberapa tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut : untuk menganalisa pengaruh penerapan pengendalian internal dan penerapan manajemen risiko pada tata kelola; menganalisa pengaruh penerapan pengendalian internal baik langsung dan tidak langsung melalui tata kelola pada profitabilitas. Penelitian ini menggunakan 2 variable bebas, yaitu : pengendalian internal dan manajemen risiko, tata kelola sebagai variable antara dan profitabilitas sebagai variable terikat.

Hasil penelitian dapat membuktikan bahwa pengendalian internal dan manajemen risiko berpengaruh positif terhadap tata kelola  yang baik; pengendalian secara langsung tidak berpengaruh  terhadap profitabilitas bank public, tetapi berpengaruh secara tidak langsung pada tata kelola yang baik; manajemen risiko berpengaruh terhadap profitabilitas, baik langsung maupun tidak langsung melalui tata kelola ; tata kelola berpengaruh positif terhadap profitabiltas bank publik.

Berdasarkan hasil senat promovendus Sri Sapto Darmawati dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude. Dr. Sri Sapto Darmawati merupakan Doktor Ekonomi ke-90 di Universitas Gunadarma.

Setelah rehat, dilanjutkan sesi kedua untuk promovendus Sardiyo dengan judul disertasinya Kepuasan Kerja : Determinan dan Pengaruh Interaksinya Dengan Spiritualitas Terhadap Kinerja Dosen yang dipromotori oleh Prof. Dr. Nopirin, MA dan Dr. Toto Sugiharto selaku ko-promotor.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi, dan kompetensi terhadap kepuasan kerja serta dampak interaksi antara kepuasan kerja dengan spiritualitas pada kinerja dosen.

Sebanyak 250 dosen di lingkungan Kopertis Wilayah II Sumatera bagian Selatan, yang dipilih menggunakan metode penarikan sampel proporsional, terlibat sebagai responden dalam penelitian ini. Data tentang semua variabel penelitian dihimpun dari responden menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Model persamaan struktural (Structural Equation Model—SEM) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dan  menganalisis hubungan kausal antar-variabel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja dosen, baik secara parsial maupun simultan dan dalam kekuatan dan arah yang berbeda, dipengaruhi oleh kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi, dan kompetensi. Dari keempat variabel tersebut, kompetensi merupakan variabel yang paling dominan dalam memengaruhi kepuasan kerja dosen, diikuti oleh motivasi, budaya organisasi, dan kepemimpinan. Kepuasan kerja dan interaksinya dengan spiritualitas berpengaruh terhadap kinerja dosen.

Berdasarkan hasil rapat senat promovendus Sardiyo dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan. Dr. Sardiyo merupakan DOktor Ekonomi ke-91 di Universitas Gunadarma.