Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Psikologi: Nurul Qomariyah


Program Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gunadarma menyelenggarakan sidang terbuka pada tanggal 28 November 2017 dengan kandidat Doktor Nurul Qomariyah di ruang Auditorium Kampus Depok.




Kesempatan ini diberikan kepada Nurul Qomariyah dalam disertasinya yang berjudul Faktor-Faktor Yang Berperan Terhadap Kebahagiaan Ibu Tidak Bekerja.




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Ibu tidak bekerja yang bahagia, mengetahui faktir-faktir yang berperan terhadap kebahagian Ibu tidak bekerja, serta menguji model kebahagian Ibu tidak bekerja.


Penelitian disertasi ini menggunakan pendekatan indigenous psychology dengan metode kombinasi yaitu sekuensial eksploratori. Sekuensial eksploratori merupakan metode penelitan dua tahap yang mana tahap pertamanya merupakan studi kualitatif, sedangkan tahap keduanya merupakan studi kualitatif, sedangkan tahap keduanya merupakan studi kuantitatif. Metode yang digunakan dalam studi kualitatif adalah survei kualitatif, wawancara dan FGD. Teknik analisa data kuantitatif adalah menggunakan Structural Equotion Modelling (SEM) dengan bantuan program SPSS dan AMOS.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga karakteristik Ibu tidak bekerja yang bahagian, yaitu adanya perasaan/keadaan positif, rendahnya perasaan/hal negatif, serta kesejahteraan orang yang berarti. Adapun faktor-faktor yang berperan terhadap kebahagian Ibu tidak bekerja ada empat, yaitu karakteristik suami, pemenuhan kebutuhan, kesehatan fisik, dan perilaku menolong. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa model kebahagian Ibu tidak bekerja memenuhi goodness of it.




Berdasarkan hasil rapat senat kandidat doktor Nurul Qomariyah dengan komisi pembimbing Prof. Djamaludin Ancok, PhD. selaku Promotor dan Dr. Ratna Wulan, SU. selaku Ko-Promotor serta Prof. Dr. Sofia Retnowati, M. S sebagai penguji luar.




Sidang terbuka calon Doktor Nurul Qomariyah berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Doktor Nurul Qomariyah merupakan Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gunadarma ke-16