Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Psikologi dan Ekonomi: Kristiana Dewayani and Lies Handrijaningsih


Pada tanggal 20 Mei 2014, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Kristiana Dewayani yang mempertahankan disertasinya dengan judul: "Model Faktor-Faktor Psikologi yang Mempengaruhi Perceived Service Quality to Internal Customers". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Asip F. Hadipranata dan  Jahja Umar, Pd.D serta Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Prof. Dr. M. Noor Rochman Hadjam.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Kristiana Dewayani menjelaskan tujuan penelitian untuk menguji kecocokan antara data penelitian dan model teoretik yang dihipotesiskan dan untuk mengetahui faktor psikologis yang mempengaruhi PSQIC. Penelitian ini dilakukan pada tiga perusahaan bergerak di bidang jasa keuangan, jasa sumber daya manusia dan manajemen apartemen, diperoleh 203 orang sebagai responden.


Hasil análisis menunjukkan bahwa model teoretis PSQIC cocok dengan data penelitian dari ketiga perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, jasa sumber daya manusia dan manajemen apartemen. Hal ini sesuai dengan field theory bahwa perilaku merupakan hasil integrasi faktor dalam diri dan persepsi terhadap lingkungan. Faktor-faktor psikologi yang signifikan berpengaruh terhadap PSQIC adalah Psycap, Psyclim, serta Innovation & Challenge Kondisi psikologis positif lebih besar pengaruhnya terhadap PSQIC daripada persepsi subjek terhadap lingkungan. Sikap terhadap komputer tidak berpengaruh secara signifikan pada PSQIC. Hal ini dapat dipahami karena sikap terhadap komputer merupakan pengukuran sikap global, yang dalam beberapa penelitian tidak memprediksikan perilaku.


Penerapan psikologi di tempat kerja terus berkembang, oleh karenanya perlu dikembangkan penelitian lanjutan untuk mengetahui peranan kondisi psikologis lainnya. Temuan ini secara praktis bermanfaat guna meningkatkan efektifitas karyawan. Pengembangan kondisi psikologis karyawan, dapat dilakukan dengan program pelatihan, maupun konseling dan mentoring.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Kristiana Dewayani lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Lies Handrijaningsih.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Suryo Guritno, MStat. sebagai promotor, Prof. Dr. Euphrasia Susy Suhendra sebagai Ko-Promotor, serta Bayu Sutikno, SE., MSM., Phd. sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon Doktor Lies Handrijaningsih mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Heterogenitas Pewaralaba Melalui Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Kesuksesan Bisnis Waralaba Indonesia".


Penulisan bertujuan untuk menganalisis pengaruh heterogenitas pewaralaba melalui kepercayaan dan komitmen terhadap kesuksesan bisnis waralaba di Indonesia. Responden dalam peneltian ini adalah terwaralaba usaha waralaba makanan dan minuman dalam bentuk booth dan restauran. Berdasarkan hasil analisis dapat dinyatakan data model yang diajukan valid. Hasil penelitian menyatakan bahwa heterogenitas pewaralaba yang diwakili oleh pengendalian, strategi, profil, dan sistem waralaba melalui kepercayaan dan komitmen memiliki pengaruh terhadap kesuksesan bisnis franchise di Indonesia. Mediasi kepercayaan dan komitmen memberikan pengaruh tidak langsung heterogenias pewaralaba terhadap kesuksesan.


Sidang terbuka calon Doktor Lies Handrijaningsih berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr. Lies Handrijaningsih dan Kristiana Dewayani merupakan Doktor ke-5 Psikologi dan ke-68 yang meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi.