Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi 28-30 April 2008


Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi pada hari senin, tanggal 28-30 April 2008, Bertempat di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma  Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok. Para kandidat adalah Ernastuti, Wahyu Kusuma Raharja dan Bertalya.

Pada tanggal 28 April 2008, Kandidat Doktor Ernastuti mempresentasikan disertasinya dengan judul :  ”Extended Lucas Cube Topologi Jaringan Interkoneksi Baru”. Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Belawati sebagai Promotor dan Dr. Asep Juarna serta Dr. Ravi A Salim sebagai Ko-Promotor.

Pada Penelitiannya, Ernastuti mendesain model jaringan baru yang dinamakan extended lucas cube (ELC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ELC mempunyai jalur dan siklus hamiltonian di  semua n, hal ini membuktikan bahwa linier array dan ring dapat ditanam secara efisien pada ELC begitu juga 2D mesh dapat juga ditanam pada ELC. Hasil penanaman ini mengakibatkan semua algoritma paralel yang di desain atas topologi jaringan interkoneksi linear array, ring atau 2D mesh dapat dijalankan pada ELC. Dengan kata lain, ELC dapat menjalankan komputasi paralel. Berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Ernastuti dinyatakan Lulus dengan predikat cum laude.

Sidang berikutnya diselenggarakan pada tanggal 30 April 2008. Kandidat Doktor pada Sidang sesi pertama adalah Wahyu Kusuma Raharja yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Representasi Melodi Kueri Vokal dalam Lingkup Geometrik Matching pada Sistem Retrival Informasi Musik".  Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Suryo Guritno, M.Stat sebagai Promotor dan Dr. Ing Farid Thalib serta Busono Soerowirdjo, MSc., PhD sebagai Ko-Promotor.   Pada penelitiannya, Wahyu mengembangkan metode ekstraksi sinyal vokal yang dapat mengatasi fluktuasi sinyal vokal manusia dengan melakukan proses pitch tracking untuk estimasi pitch dengan pendekatan terhadap distribusi frekuensi fundamental musik. Berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Wahyu dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Kandidat Doktor pada Sidang sesi berikutnya adalah Bertalya yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Metode Klasifikasi Citra X-Ray Berdasarkan Area Objek da Bentuk Objek menggunakan Pendekatan Grid".  Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Djati Kerami sebagai Promotor dan Dr. Prihandoko serta Dr. Tb. Maulana Kusuma sebagai Ko-Promotor.   Berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Bertalya dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan