Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Aries Muslim dan Metty Mustikasari


Pada tanggal 7 Mei 2014, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok Cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Aries Muslim yang mempertahankan disertasinya dengan judul “Interoperabilitas Informasi Kesehatan pada Keragaman Informasi Menggunakan Sintaktik dan Semantik Ontologi”. Bertindak sebagai promotor adalah Profesor Doktor Rer Nat Achmad Benny Mutiara serta Profesor Doktor I Wayan Simri Wicaksana sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Profesor Doktor Haryoto Kusnoputranto, SKM, DrPH dan Profesor Doktor Suryo Guritno, M.Stat.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Aries Muslim menjelaskan tujuan penelitian yang dibagi menjadi lima tahap, diantaranya untuk mengatasi keragaman data atau informasi pada sistem informasi rumah sakit. Lima langkah tersebut, yaitu menentukan URL sumber dari situs rumah sakit yang valid 1) menentukan jenis data 2) melakukan proses konversi menjadi standard data ontologi 3) menentukan nilai similaritas kelas, property dan konten 4) dan membuat pemetaan lokal menjadi pemetaan global dan proses queri untuk proses pencarian data 5) Kelima metode akan menjadi kerangka kerja dan algoritma aplikasi web semantic dan mesin pencari pada interoperabilitas keragaman sistem informasi rumah sakit.


Aplikasi web semantic dan meson pencari (search engine) yang menerapkan interoperabilitas dengan metode sintaktik dan semantic merupakan keterpaduan yang melengkapi. Tingkat keberhasilan pada penelitian ini dilihat dari hasil pengukuran pencarian pada mesin pencari yang berdasarkan nilai precision, recall dan f-measure.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Aries Muslim lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat doktor Metty Mustikasari.


Komisi pembimbing terdiri dari: Profesor Doktor Sarifuddin Madenda sebagai Promotor, Profesor Doktor Djati Kerami dan Doktor Eri Prasetyo Wibowo sebagai Ko-promotor, serta Profesor Doktor Insinyur Mauridhi Hery Purnomo, MEng. dan Profesor Doktor Suryo Guritno, MStat. sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon doktor Metty Mustikasari mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengembangan Algoritma Temu Kenali Citra Berbasis Konten Warna dan Tekstur Berdasarkan Analisis Lokal”


Penelitian ini mengembangkan temu kenali citra berbasis kombinasi fitur warna dan tekstur berdasarkan analisis lokal. Untuk mengekstrak fitur warna digunakan histogram lokal dimana citra dipecah menjadi sembilan blok dengan ukuran yang sama.


Dari hasil penelitan yang dilakukan menunjukkan bahwa performa temu kenali citra berbasis kombinasi konten warna dan tekstur berdasarkan analisis lokal lebih baik dari temu kenali citra berbasis konten warna atau tekstur secara individu.


Sidang terbuka calon doktor Metty Mustikasari berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr. Aries Muslim dan Dr. Metty Mustikasari merupakan doktor ke-60 dan ke-61 yang meraih gelar Doktor Teknologi Informasi.