Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi : Dyah Pratiwi & Raziq Hasan


Pada tanggal 6 Februari 2013, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok cina Depok.

Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Dyah Pratiwi yang mempertahankan disertasinya dengan judul : "Algoritma Segmentasi Berdasarkan Warna Untuk Pemantauan Dan Penghitungan Laju Perubahan Area Hutan". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Lussiana E. T. P. Sebagai Ko-promotor, dan Prof. Dr. Yudi Satria., MT. Sebagai penguji luar.

Pada disertasinya Kandidat Doktor Dyah Pratiwi melakukan penelitian untuk membangun sistem analisis citra berbasis warna yang dapat digunakan untuk pemantauan dan penghitungan laju perubahan area hutan yang diperoleh dari citra satelit. Penelitian ini berhasil dapat melakukan pemantauan dan penghitungan laju perubahan area hutan citra satelit dengan pemantauan yang lebih interaktif melalui pemilihan warna referensi pada titik-titik hutan yang ingin dipantau oleh operator sehingga sangat memudahkan dalam melakukan ekstraksi fitur warna hutan secara cepat dan akurat. Penggunaan ruang warna HSV, alat ukur disimiliritas jarak warna DHCL dan analisis lokal yang dapat merepresentasikan ciri warna hutan yang dianalisis serta mensegmentasi dengan tepat. Metode dan algoritma penghitungan posisi, lokasi dan luas area hutan pada setiap segmen beserta data yang tersimpan dengan mudah dapat membantu pengguna untuk melihat historis hutan disetiap lokasi pemantauan.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat Doktor Dyah Pratiwi Lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-50.

Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Raziq Hasan.

Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Sarifuddin Madenda Sebagai promotor, Dr. Ing. Adang Suhendra sebagai Ko-Promotor, serta Prof. Dr. Ir. Slamet Tri Sutomo, MSc. sebagai Penguji Luar.

Pada sidang terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya yang berjudul "Sistem Informasi Morfologi Arsitektur Ruang Bermukim Masyarakat Madura". Penelitian ini berfokus pada identifikasi, klasisifikasi, interprestasi dan deskripsi susunan fenomena fisik ruang bermukim masyarakat Madura dalam aspek spasial dan stilistika. Memahami dan menafsirkan proses terbentuknya ruang bermukim masyarakat Madura. Menyusun dan mengklasifikasikan atribut-atribut konfigurasi ruang bermukim masyarakat Madura menjadi sebuah basis data. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah Sistem Informasi Arsitektur yang mudah dioperasikan dan informatif sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sidang terbuka calon Doktor Raziq Hasan berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat memuaskan. Doktor Raziq Hasan Merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-51.