Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Miftah Andriansyah and Kemal Ade Sekarwati


Pada tanggal 7 Mei 2015, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok cina Depok.


Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Miftah Andriansyah yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Korpus Beranotasi Berbasis Topic Models Untuk Sistem Penunjang Analisis Client-Consuler Dialogue". Bertindak sebagai promotor adalah Profesor Doktor rer- nat Achmad Benny Mutiara Q.N, SKom, SSi dan Doktor rer-nat. I Made Wiryana, SKom, SSi, MAppSc sebagai Ko-promotor, dan Insinyur Paulus Insap Santosa M.Sc., Ph.D. Sebagai penguji luar.


Kendala utama pada penelitian ini dalam analisis data domain spesifik adalah kebutuhan predefined corpus dan penggunaan jenis dan gaya bahasa. Permasalahan yang sering dijumpai oleh pemberi kode (human coder) dalam analisis data dalam psikoterapi adalah ketidakkonsistenan dan skalabilitas. Strategi topic models (TM) digunakan sebagai sistem penunjang keputusan dalam mencari topik atau kata kunci yang membentuk tema atau pola dari konten dokumen.


TM berbasis Latent Dirichlet Allocation (LDA) diterapkan untuk menghitung probabilitas kata yang berkontribusi dalam menyusun model-model topik. Pengujian dilakukan pada dokumen tunggal dan gabungan dokumen dari Consuler-Client Dialogue (CCD). Hasil pengujian menyimpulkan: TM dapat memprediksi topik suatu dokumen; TM dapat diterima pengguna sebagai alat prediksi melalui evaluasi oleh pakar atas dokumen snippet


Korpus beranotasi dihasilkan langsung dari dokumen berbahasa Indonesia. Penelitian ini juga membangun purwarupa sistem penunjang analisis CCD berbasis pada TM. Saran untuk penelitian selanjutnya dengan mempertimbangkan faktor berikut: faktor semantik, proses stemming, perbaikan parsing, salah tulis, dan penggunaan (tata) bahasa tidak baku (misal slang).


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Miftah Andriansyah Lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-73.


Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Kemal Ade Sekarwati .


Komisi pembimbing terdiri dari: Profesor Doktor Djati Kerami Sebagai promotor, Doktor Lintang Yuniar Banowosari dan Doktor rer. nat. I Made Wiryana sebagai Ko-Promotor, serta Ir. Kridanto Surendro, MSc., PhD. sebagai Penguji Luar.


Pada sidang terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya yang berjudul "Kombinasi Uji Kemiripan Untuk Dokumen Beda Jenis Memanfaatkan Ruang Semantik".


Penelitian uji kemiripan dokumen berbahasa Indonesia diantaranya dilakukan dengan menggunakan algoritma Karp Rabin, algoritma string matching, perhitungan cosine similarity dan dice similarity. Dokumen yang digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya menggunakan dokumen yang berjenis sama. Penelitian uji kemiripan dokumen beda jenis dengan menggunakan ruang semantik masih terbatas. Penelitian uji kemiripan dokumen berbahasa Indonesia di bidang pendidikan dengan menggunakan ruang semantik diantaranya penilaian esai otomatis dan laporan tugas akhir.


Penelitian ini difokuskan pada uji kemiripan dokumen beda jenis dengan menggunakan ruang semantik. Hasil perhitungan kemiripan berupa prosentase kemiripan. Algoritma pengujian kemiripan dokumen dilakukan dengan langkah: (i) input dokumen, (ii) pra pemrosesan, (iii) perhitungan term frequency-inverse document frequency (tf-idf), (iv) perhitungan latent semantic indexing (lsi), dan (v) perhitungan kemiripan dokumen dengan menggunakan cosine similarity, dice similarity, dan jaccard similarity.


Hasil pengujian dokumen beda jenis dengan memanfaatkan topic modeling memperlihatkan bahwa kedua jenis dokumen yang berbeda berhasil diuji kemiripannya.


Sidang terbuka calon Doktor Kemal Ade Sekarwati berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat memuaskan. Doktor Kemal Ade Sekarwati merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-74.