Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Relly Andayani dan Sigit Widiyanto


Pada tanggal 12 Juli 2017, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok Sina Depok.


Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Relly Andayani yang mempertahankan disertasinya dengan judul Pengembangan Metode Klasifikasi Kuat Tekan dan Slump Beton Berdasarkan Fitur Tekstur Beton Segar. Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, serta Dr. Eri Prasetyo Wibowo dan Dr. Ir. H. Muslikh, M.Sc., M.Phil. sebagai Ko-Promotor, dan Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA sebagai penguji luar.


Penelitian ini mengusulkan metode gabungan algoritma Morfologi dan Grey Level Co-Occurent Matrix (GLCM) untuk proses ekstraksi fitur tekstur berupa contrast, correlation, energy, dan homogeniety. Obyek citra berupa beton segar, Mix desainnya dibuat dengan metode dari Department of Environment (DoE).


Hasil uji coba dari metode dan algoritma yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengukuran karakteristik tekstur secara global dalam satu kesatuan citra menunjukkan hasil yang lebih baik dari model pengukuran secara lokal. Analisis global pada fitur contrast menunjukkan bahwa semakin tinggi kuat tekan beton, nilai contrast makin kecil yang berarti tekstur citra beton makin halus.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Relly Andayani lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-107.


Setelah rehat sejenak, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sesi sidang ke-2 dengan kandidat Doktor Sigit Widiyanto.


Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sebagai promotor, Prof. Dr. Yuhara Sukra, M.Sc dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo sebagai Ko-Promotor, serta Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom. sebagai penguji luar.


Pada sidang terbuka ini, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Metode Ekstraksi Fitur Tekstur Berbasis GLCM dan Wavelet Untuk Klasifikasi Keempukan Daging Sapi.


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah metode ekstraksi fitur tekstur daging sebagai dasar proses klasifikasi keempukan daging. Proses ekstraksi fitur tekstur menggunakan metode analisis berbasis statistik Gray Level Co-occurance Matrix (GLCM) dan transformasi domain frekuensi Wavelet.


Hasil pengujian menunjukkan bahwa fitur contrast, correlation, energy, dan homogeneity dari fitur GLCM serta detail diagonal dan detail vertical dari fitur DWT memiliki korelasi signifikan terhadap tingkat keempukan daging.


Metode dan algoritma yang dikembangkan telah berhasil diimplementasikan ke dalam prototipe perangkat lunak berbasis desktop dan mobile.


Sidang terbuka calon Doktor Sigit Widiyanto berjalan dengan lancar dan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude. Doktor Sigit Widiyanto merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-108.