Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Rifki Kosasih dan Dewi Putrie Lestari


Pada tanggal 28 Oktober 2015, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda Raya no. 100 Pondok Cina Depok.


Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Rifki Kosasih yang mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengembangan Algoritma Ekstraksi dan Rekontruksi 3D Wilayah Lumen yang Terdapat Trombus Pada Pasien Aneurisma Aorta Abdominal Serta Visualisasi Aliran Darah”. Bertindak sebagai promotor adalah Profesor Doktor Sarifuddin Madenda dan Profesor Doktor BEF da Silva serta Doktor Lussiana ETP sebagai Ko-promotor, dan Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom Sebagai penguji luar.


Pada disertasinya Kandidat doktor Rifki Kosasih mengusulkan analisis aliran darah pada wilayah lumen dalam aorta.


Aneurisma Aorta Abdominal (AAA) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh melebarnya dinding aorta. Untuk mendeteksi AAA tersebut dibutuhkan suatu alat MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang dapat mengakuisisi citra digital aorta berupa citra relaksasi T1 dan T2. Indikator yang digunakan untuk menentukan adanya AAA dalam aorta adalah dengan mengukur diameter aorta. Namun indikator ini belum dapat memprediksi terjadinya ruptura atau pecahnya pembuluh aorta. Untuk memprediksi ruptura dibutuhkan analisis lebih jauh yaitu menentukan volume dan arah aliran darah dalam aorta.


Hasil penelitian diperoleh bahwa penyelarasan citra hasil Laplacian eigenmap memberikan hasil penyelarasan posisi yang paling optimal (100% tepat sama). Hasil ini juga memberikan hasil ekstraksi area lumen pada aorta yang lebih optimal.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Rifki Kosasih Lulus dengan predikat Cumlaude dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-84.


Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Dewi Putrie Lestari.


Komisi pembimbing terdiri dari Profesor Doktor Sarifuddin Madenda sebagai Promotor, Doktor Eri Prasetyo Wibowo serta Doktor Ernastuti, S.Si, M.Kom sebagai Ko-Promotor, dan Doktor Setiawan Hadi, M.Sc.CS sebagai penguji luar.


Pada sidang terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Metode Segmentasi dan Algoritma Ekstraksi Fitur Bentuk Untuk Pengenalan Jenis Tumor Payudara Pada Citra Ultrasonografi”.


Tumor payudara merupakan salah satu penyebab utama kematian pada wanita baik di negara maju maupun di negara berkembang. Salah satu alat pemeriksaan medis dalam pendeteksian tumor payudara adalah ultrasonografi. Pembacaan citra ultrasonografi dalam pendeteksian tumor payudara memerlukan bantuan ahli radiolog. Perbedaan pemahaman hasil analisis citra diantara ahli radiolog dapat menyebabkan terjadinya perbedaan diagnosis. Untuk meminimalkan kesalahan ini, dibutuhkan suatu sistem Computer-Aided Diagnosis (CAD) yang dapat mendeteksi dan mengelompokkan jenis tumor payudara secara tepat. Ketepatan proses pengelompokkan tumor payudara sangat bergantung terhadap keakuratan hasil segmentasi area tumor, yang menjadi langkah awal sistem CAD.


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem CAS citra ultrasonografi payudara dengan mengusulkan dua hal, yaitu pengembangan metode segmentasi area tumor payudara dan algoritma baru untuk ekstraksi fitur bentuk tumor.


Hasil diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil dari metode ini terbukti cukup akurat berdasarkan pengukuran similaritas metode Jaccard dengan nilai rata-rata similaritas sebesar 90% dan pengukuran disimilaritas metode Hausdorff Distance dengan nilai rata-rata ketaksamaan sebesar 8 piksel.


Sidang terbuka calon Doktor Dewi Putrie Lestari berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat Cumlaude. Doktor Dewi Putrie Lestari merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-85.