Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Sumijan dan X. Furuhitho


Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan sidang terbuka senat Universitas Gunadarma pada tanggal 22 Desember 2015 yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda Raya no. 100, Pondok Cina, Depok.

Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovendus Sumijan, yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Deteksi, Ekstraksi Dan Rekonstruksi 3D Pendarahan Otak Pada Citra CT-Scan Menggunakan Gabungan Metode Otsu, Fitur Region Dan Morfologi Matematika. Bertindak sebagai promotor adalah prof. Dr. Sarifuddin Madenda, dan bertindak ko-promotor adalah Prof. Dr. dr. Johan Harlan dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo. Sebagai penguji luar adalah Dr. Eng. Febriliyan Samopa, S.Kom., M.Kom.

Tujuan dari penelitian yang dilakukannya adalah mengembangkan algoritma yang dapat memisahkan area objek tengkorak dan bagian lain dari citra CT-Scan, sehingga dapat mempercepat proses berikutnya dan memungkinkan untuk diperolehnya hasil yang lebih optimal. Mengembangkan metode ekstraksi yang dapat mensegmentasi dan mengekstraksi area pendarahan dalam otak, slice pers slice citra CT-Dcan otak pasien. Mengembangkan metode dan algoritma yang dapat melakukan penghitungan luas area pendarahan pada setiap slice, rekonstruksi 3D, penghitungan volume serta visualisasi bentuk 3D area pendarahan otak.

Hasil penelitian ini memberi kontribusi keilmuan berupa metode dan algoritma baru yang dapat digunakan untuk analisis pendarahan citra CT-Scan otak berupa:ekstraksi area pendarahan, penghitungan luas area, rekonstruksi 3D, penghitungan volume dan visualisasi 3D area pendarahan pada otak.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Samijan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-86.

Setelah rehat, sidang senat dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat doktor X. Furuhitho. Komisi pembimbing terdiri dari Profesor Doktor Sarifuddin Madenda sebagai promotor. Doktor Eri Prasetyo Wibowo dan Doktor Arief Rahman sebagai ko-promotor. Profesor Doktor Ing. Ir. Gagoek Hardiman sebagai penguji luar.

Pada sidang terbuka ini promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul "Studi tentang Otomatisasi Identifikasi Figure Dan Linkage Dari Citra Google Earth Sebagai Basis Analisis Penataan Ruang".

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi untuk mengidentifikasi figure dan linkage secara otomatis bagi kebutuhan perancangan kawasan. Aplikasi ini dapat secara otomatis mendeteksi dan mengekstraksi figure pada citra Google Earth dengan jelas dan mengekstraksi linkage dengan jelas pada citra GPS serta melakukan matching antara kedua hasil figure dan linkage. Prototype perangkat lunak ini sangat bermanfaat bagi aplikasi bidang arsitektur yaitu sebagai dasar dari proses pembuatan peta eksisting kawasan, proses pembentukan informasi masa bangunan dengan mencocokan informasi hasil ekstraksi figure dan linkage serta untuk analisis, perencanaan dan pengembangan kawasan.

Sidang terbuka calon doktor X. Furuhitho berjalan dengan lancar dan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-87.