Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi Tanggal 30 Agustus 2007


Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2007 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dua sesi sidang. Sidang sesi pertama dengan kandidat Doktor Dewi Agushinta R yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Ekstraksi Komponen Wajah dengan Metode Segmentasi pada Sistem Pengenalan Wajah". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Suryadi H.S., Ssi., MMSI sebagai Promotor dan Dr. Ing. Adang Suhendra serta Dr. Sarifudin Madenda sebagai Ko-Promotor.



Sidang sesi kedua dengan kandidat Doktor Lussiana E.T.P  yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Metode Pendeteksian Tepi Adaptif berdasarkan Pendekatan Karakteristik Region Citra". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Djati Kerami sebagai Promotor dan Dr. Sarifudin Madenda serta Dr. Prihandoko sebagai Ko-Promotor.



Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2007 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma. Sidang terbuka kali ini terdiri dua sesi sidang. Sidang sesi pertama dengan kandidat Doktor Dewi Agushinta R yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Ekstraksi Komponen Wajah dengan Metode Segmentasi pada Sistem Pengenalan Wajah". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Suryadi H.S., Ssi., MMSI sebagai Promotor dan Dr. Ing. Adang Suhendra serta Dr. Sarifudin Madenda sebagai Ko-Promotor.
Penelitian Dewi mengembangkan sistem yang memisahkan citra wajah ke dalam komponen wajah, kemudian mengekstrasikannya ke dalam fitur mata, hidung, mulut dan batas wajah pada citra diam. Antara tiap komponen diukur jaraknya, kemudian dikombinasikan dengan fitur lainnya untuk membentuk semantik wajah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan fitur wajah beserta jarak dari komponen wajah dapat digunakan untuk mengidentifikasi wajah sebagai komponen sistem pengenalan wajah.Dewi Agushinta R dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat memuaskan.
Sidang sesi kedua dengan kandidat Doktor Lussiana E.T.P  yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Metode Pendeteksian Tepi Adaptif berdasarkan Pendekatan Karakteristik Region Citra". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Djati Kerami sebagai Promotor dan Dr. Sarifudin Madenda serta Dr. Prihandoko sebagai Ko-Promotor.
Untuk meningkatkan tingkat optimalisasi hasil pendeteksian tepi, Lussiana mengusulkan suatu pengembangan metode sebagai penyempurnaan metode pemfilteran. Dengan menambahkan satu proses yang disebut dengan regionisasi citra. Proses Regionisasi citra merupakan proses pembagian citra menjadi region-region yang sesuai dengan karakteristik masing-masing, yaitu sharp, blur dan noisy. Untuk memudahkan dan mempercepat proses regionisasi digunakan pohon dinamis seperti teknik Depth-First Search. Selanjutnya berdasarkan pada karakteristik region tersebut dapat ditentukan nilai parameter noise secara otomatis sehingga proses reduksi noise menjadi adaftif.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa dengan adanya proses regionisasi noise dapat tereduksi sesuai dengan level noise dan tepi dapat terdeteksi secara lebih optimal.Lussiana E.T.P  dapat mempertahankan disertasinya dan merupakan doktor teknologi informasi pertama yang dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude.