Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informatika : Julius Santony dan Ega Hegarini


Universitas Gunadarma telah menyelenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi pada tanggal 23 Desember 2015 di ruang Aaudirorium gedung 4 lantai 6 kampus D, Pondok Cina, Depok.

Sidang terbuka kali ini menghadirkan dua kandidat doktor, Julius Santony dan Ega Hegarini. Dimana kesempatan pertama diberikan pada kandidat doktor Julius Santony dengan judul disertasinya "Ekstraksi Objek Infiltrat Pada Citra X-Ray Thorax Penderita Tuberkulosis Dengan Metode Morfologi Matematika dan Analisis Fitur Region", dengan promotor Prof. Dr. dr. Johan Harlan, SSi., MSc dan Prof. Dr. Sarifuddin Madenda beserta Dr. Prihandoko, SKom., MIT selaku ko-promotor.

Pada penelitian ini dilakukan ekstraksi objek infiltrat pada citra x-ray thorax penderita tuberkulosis, supaya objek infiltrat dapat dilihat dengan jelas. Tahapan penelitian yang dilakukan pada citra x-ray thorax adalah deteksi objek dengan metode segmentasi morfologi yang terdiri dari morfologi dilasi dan erosi, dan deteksi tepi dengan pengurangan nilai morfologi dilasi dan morfologi erosi. Tahap berikutnya ekstraksi objek infiltrat dengan proses binerisasi dan analisis fitur region untuk menghilangkan bagian yang bukan bercak dan menentukan objek infiltrat dari sejumlah objek bercak yang ada. Dari hasil ekstrasi objek infiltrat kemudian ditentuan jumlah dan luasnya pada paru bagian kanan dan paru bagian kiri dengan analisis fitur region.

Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa ekstraksi objek infiltrat dapat menampilkan citra dnegan objek infiltrat yang dapat dilihat dengan jelas. Dari hasil pengujian 35 citra x-ray thorax pasien penderita tuberkulosis terbukti bahwa objek infiltrat yang ada pada citra dapat diekstraksi dengan baik dan dapat ditetntuan posisinya pada paru serta dapat ditentukan jumlah dan  luasnya. Pengujian juga dilakukan terhadap 2 citra x-ray thorax pasien sehat, dengan tujuan sebagai pembanding dan hasilnya tidak ditemukan adanya objek infiltrat pada paru, baik paru bagian anan ataupun paru bagian kiri.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Julius Santony Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informati Universitas Gunadarma ke-88.

Setelah rehat dilanjutkan dengan sesi kedua untuk kandidat doktor Ega Hegarini yang memaparkan hasil penelitan dengan judul "Sistem Analisis SImilaritas Gerakan Tubuh Manusia Pada Olahraga Beladiri  Menggunakan Teknologi Oprical Motion Capture"yang menghasilkan sistem analisi gerakan tubuh manusia menggunakan optical motion capture dengan delapan buah kamera dari optitract dengan resolusi 640x480 dan memiliki frame rate 100Hz. Dengan sistem ini, gerakan dari actor bela diri dapat dianalisis pergerakan setiap sendi yang terdapat dalam sistem ranga tubuh manusia. Objek penelitian ini adalah gerakan dalam beladiri Thifan pada senkay (rangkaian jurus) 1 jurus kelima. Dalam jurus beladiri ini tersebut terdapat jenis geraan seperti memukul, menendang, melompat, dan menangkis. Evalusi dari similaritas gerakan digunakan metode cosine similarity yaitu menghitung cosinus sudut dari dua buah nilai yang dibandingkan.

Sistem analisis similaritas dalam penelitian ini telah berhasil digunakan untuk melihat tingkat similaritas dari dua gerakan, yaitu gerakkan aktor secara real time dibandingkan dengan gerakkan acuan.

Kandidat doktor Ega Hegarini dipromotori oleh Prof. Dr. rer.nat. Achmad Benny Mutiara dan Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra beserta Dr. Mohammad Iqbal sebagai ko-promotor.

Sidang terbuka kandidat doktor Ega Hegarini berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informati Universitas Gunadarma ke-89.