Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor TI kedelapan


Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi pada tanggal 30 Oktober 2007 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok.



Kandidat Doktor pada Sidang terbuka kali ini adalah Lintang Yuniar Banowosari mempresentasikan disertasinya dengan judul : "Pemeliharaan Agreement dengan Menggunakan Perubahan Skema dan Ontologi pda Lingkungan Peer". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Suryo Guritno, M. Stat, sebagai Promotor dan Dr. rer. nat. A. Benny Mutiara serta Dr. I Wayan Simri sebagai Ko-Promotor. Penguji Luar 1. Drs. Edi Winarko, Msc., PhD dan Penguji luar 2: Prof. Dr. Michel Paindavoine.


Dalam  presentasinya, Kandidat Doktor Lintang menjelaskan bahwa penelitiannya mengembangkan suatu metode pemeliharaan semantic agreement berbasiskan semantic distance dengan menghitung perubahan skema lokal atau ontologi. Kontribusi dari penelitian ini adalah suatu framework berbasis pendekatan pemeliharaan semantic agreement untuk lingkungan P2P. Dua inti utama adalah bagaimana menghitung perubahan skema lokal atau common ontologi dan hasil perhitungan untuk memilih algoritma yang sesuai dalam memelihara agreement.



Sebuah  uji coba pada domain pencarian tenaga kerja di Indonesia telah dilakukan untuk memperlihatkan seberapa jauh capaian hasil pendekatan ini. Dari uji coba didapatkan hasil utama adalah semakin banyak perubahan maka nilai F-measure semakin cenderung menurun, tidak terjadi perbedaanyang signifikan dalam F-measure untuk berbagai jenis modifikasi Add, Delete, Rename dan pemilihan algoritma yang tepat akan memperbaiki F-measure.


Akhirnya berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Lintang dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr Lintang merupakan doktor kedelapan yang meraih gelar Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma