Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
UG, PTS Terbaik di Indonesia


Setelah peringkat 4ICU dirilis awal Juli, pemeringkatan perguruan tinggi sedunia kembali dipublikasikan. Kali ini giliran Webometrics yang mempublikasikan peringkat World-Class Universities berdasarkan kinerja PT (Perguruan Tinggi) di dunia web. Empat peguruan tinggi Indonesia berhasil masuk jajaran Top 100 Asia berdasarkan pemeringkatan Webometrics yaitu ITB, UGM, UI dan Gunadarma yang berturut-turut menempati peringkat ASIA ke- 56, 61, 84, dan 88 di ASIA. Keempat PT tersebut juga berhasil masuk TOP 20 ASEAN. Berikut peringkat sepuluh besar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics dan 4icu.

- Peringkat Nasional - Webometrics - Peringkat Nasional - 4ICU
1. Institut Teknologi Bandung - Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Gadjah Mada - Universitas Indonesia
3. Universitas Indonesia - Universitas Gadjah Mada
4. Universitas Gunadarma - Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5. Universitas Kristen Petra - Universitas Gunadarma
6. Institut Pertanian Bogor - Universitas Bina Nusantara
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember - Universitas Kristen Petra
8. Universitas Airlangga - Universitas Sebelas Maret
9. Diponegoro University - Universitas Sumatera Utara
10. Universitas Sebelas Maret - Universitas Negeri Malang

Sumber: www.webometrics.info dan www.4icu.org

Perhitungan peringkat Webometrics menggunakan empat indikator yaitu Visibility (V), Size (S), Rich Files ( R), dan Scholar (Sc). Visibility diukur dengan Yahoo external link, Size dengan jumlah halaman web yang terindeks di search engine, Rich File dengan jumlah file yang ter indeks di Google, dan Scholar dengan jumlah paper di Google Scholar. Untuk edisi kali ini, mesin pencari Bing tidak digunakan oleh Webometrics untuk sementara karena ketidakstabilan hasil pencarian selama periode pengambilan data. Sedangkan peringkat popularitas versi 4ICU diukur berdasarkan tiga parameter yaitu Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank. Kalo dilihat dari Metodologinya, kedua pemeringkatan ini cenderung melihat kinerja atau popularitas perguruan tinggi di dunia internet, termasuk pemanfaatan teknologi internet sebagai media informasi atau publikasi dari sebuah perguruan tinggi.

Jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan webometrics tercatat sebanyak 140 PT, sedangkan yang masuk peringkat 4ICU sebanyak 148 PT. Jumlah perguruan tinggi sedunia yang dinilai oleh Webometrics adalah sebanyak 18 ribu, sedangkan 4ICU menilai 10 ribu PT di 100 negara. Universitas Gunadarma kembali bisa menerobos dominasi PTN pada pemeringakatan World-Class University versi Webometrics yang baru saja dirilis pada tanggal 20 Juli 2010. Sebelumnya Gunadarma juga menjadi PTS terbaik pada pemeringkatan versi 4ICU yan sudah dirilis sebelumnya pada awal Juli 2010. Urutan sepuluh besar versi 4ICU berturut-turut adalah ITB, UI, UGM, ITS, Gunadarma, Binus, Petra, UNS, USU. dan Universitas Negeri Malang.