Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Universitas Gunadarma dan Bank DKI Kembangkan Teknologi Informasi dan SDM Perbankan


Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan akademik yang terkait dengan produk dan layanan perbankan, Bank DKI dan Universitas Gunadarma melakukan kerja sama pengembangan teknologi sistem informasi, manajemen sumber daya manusia, dan layanan perbankan. Kerja sama pengembangan ini dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama yang ditandantangani kedua pihak pada hari Rabu, 13 Desember 2006 di Auditorium Gedung IV lantai 6, Kampus Depok, Universitas Gunadarma.



Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama Bank DKI, Winny E. Hassan dan Direktur Operasional Bank DKI, Ilham Joenoes bersama dengan Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, dan disaksikan kalangan civitas akademika Universitas Gunadarma.

Kedua belah pihak, sekaligus menyepakati 5 perjanjian kerja sama yang meliputi Pengembangan dan Implementasi Sistem Transaksi Host-to-Host, Sistem Aplikasi Pembayaran Akademik Mahasiswa Universitas Gunadarma, Penerbitan dan Pengembangan UG SmartCard untuk Staff dan Mahasiswa Universitas Gunadarma, Pengadaan Sumber Daya Manusia PT Bank DKI, dan Program Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa Universitas Gunadarma di PT Bank DKI.

Menurut Direktur Utama Bank DKI, Winny E. Hassan dalam sambutannya mengemukakan bahwa Bank DKI merasa bangga dapat melayani segenap civitas akademika Universitas Gunadarma selama lebih dari satu dasawarsa. Kerja sama yang harmonis tersebut dimulai sejak tahun 1992, dan hingga kini Bank DKI telah memiliki 4 kantor pelayanan yang bertempat di kampus-kampus Universitas Gunadarma, yaitu Kampus D Depok, Kampus G Kelapa Dua, Kampus C Salemba, dan Kampus J Kalimalang. Menurut Beliau, dengan MoU dan kerja sama ini akan semakin menambah daftar jasa dan layanan Bank DKI yang bisa diakses oleh civitas akademika Universitas Gunadarma.

Fasilitas layanan host-to-host merupakan layanan koneksi antara sistem komputer Bank DKI (host collection agent) dengan sistem komputer Universitas Gunadarma (host biller) melalui sarana komunikasi data dengan cara melakukan pertukaran data transaksi. Selain fasilitas layanan host-to-host ini, kerja sama juga meluas kepada pengembangan sistem aplikasi pembayaran akademik mahasiswa. Winny menambahkan, bagi Bank DKI, dengan terintegrasinya sistem tersebut dan perbaikan pada sistem pembayaran akademik, akan semakin meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan sistem pembayaran akademik kepada para mahasiswa serta dapat mengurangi waktu antrian pembayaran akademis oleh mahasiswa di Bank DKI, karena semua data sudah terintegrasi.

Selain itu, Bank DKI juga akan menerbitkan UG SmartCard yang merupakan kartu multi fungsi bagi staf dan mahasiswa Universitas Gunadarma. SmartCard ini dapat digunakan sebagai ID card, kartu perpustakaan, sebagai kartu absensi mengajar bagi dosen, kartu akses masuk ruangan, dan kartu ATM Bank DKI yang juga dapat diakses di lebih dari 9 ribu mesin ATM di seluruh Indonesia yang berlogo ATM Bersama.

Sementara itu, Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah inovasi kedua institusi dalam meningkatkan kualitas layanannya. Beliau menambahkan, dengan dukungan IT yang sangat memadai dari Bank DKI dan Universitas Gunadarma, serta infrastruktur lainnya yang sangat solid, kerja sama ini akan berkembang secara pesat.

Dijelaskannya, sebagai Universitas berbasis teknologi informasi, kerja sama ini akan semakin meningkatkan mutu layanan informasi akademik kepada civitas akademika. Selanjutnya, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, menambahkan bahwa perjanjian kerja sama di bidang SDM dengan Bank DKI ini meliputi penyediaan sumber daya manusia yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Universitas Gunadarma yang nantinya akan ditempatkan di Bank DKI yang membutuhkan tenaga profesional. “ Tentunya para calon tenaga kerja yang akan ditempatkan di Bank DKI akan kami seleksi, sehingga bisa tersaring mahasiswa maupun alumni yang mempunyai potensi dan profesional dibidangnya,” ungkap Beliau. “Hal ini sekaligus menjawab tantangan bahwa lulusan perguruan tinggi bisa siap bekerja di institusi bisnis yang profesional yang semakin kompetitif di era globalisasi saat ini,” tambahnya. Beliau pun menyambut gembira bahwasanya Bank DKI juga membuka program praktek kerja lapangan bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.

Selain sambutan dari Dua Pejabat Tertinggi di kedua institusi tersebut, acara penandatanganan nota kesepahaman ini juga diisi dengan presentasi Sekilas Tentang JakCard oleh PT Bank DKI dan presentasi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gunadarma.